PERANCANGAN DAN IMPROVEMENT KUNCI SOCKET UNTUK MUR/PENGUNCI BEARING TRANSMISI OTOMATIS PADA NISSAN MARCH DI PT WAHANA SUMBER BARU YOGYA (NISSAN DATSUN MLATI)

Mangestianto, Cahyo Hadi (2018) PERANCANGAN DAN IMPROVEMENT KUNCI SOCKET UNTUK MUR/PENGUNCI BEARING TRANSMISI OTOMATIS PADA NISSAN MARCH DI PT WAHANA SUMBER BARU YOGYA (NISSAN DATSUN MLATI). D3 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Laporan TA Cahyo Hadi Mangestianto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan pembuatan Proyek Akhir ini adalah untuk memenuhi kebutuhan jasa perbaikan kendaraan khususnya Nissan march di PT Wahana Sumber Baru Yogya (Nissan Datsu Mlati) sehingga dapat meningkatkan efektifitas kerja khususnya pada perbaikan dan penggantian bearing/bantalan poros transmisi otomatis pada mobil Nissan March. Pembuatan kunci socket untuk mur/pengunci bearing transmisi otomatis pada Nissan March ini diawali dengan proses perancangan, yaitu menganalisa ukuran dan bentuk dari pengunci bearing/bantalan poros transmisi otomatis pada Nissan March. Alat dibuat menggunakan baja pejal berbentuk silinder dengan Panjang 100 mm dan diameter 80 mm. Berdasarkan hasil pengujian rancangan terhadap gaya torsi yang bekerja pada alat sebesar 30 Kg/m2 hanya menghasilkan tegangan geser sebesar 0,22433 Kg/mm2 yang artinya apabila alat ini menggunakan baja st 42 sudah sangat mencukupi. Hasil rancangan alat ini dapat dikerjakan dengan proses pemesinan dan memiliki tingkat presisi yang baik sehingga rancangan alat ini berguna dan bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan industri khususnya di PT Wahana Sumber Baru Yogya (Nissan Datsun Mlati).

Item Type: Thesis (D3)
Uncontrolled Keywords: Kunci socket, special service tools
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Diploma 3 (D3) > D3 Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 10 Oct 2018 02:46
Last Modified: 29 Jan 2019 03:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60401

Actions (login required)

View Item View Item