KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL

Firmadani, Fifit (2012) KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fifit firmadani.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kompetensi manajerial yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar se-kecamatan Sewon kabupaten Bantul yang dilihat dari indikator mengembangkan orang lain, mengarahkan, kerjasama, kepemimpinan, dan 16 indikator yang termasuk kompetensi manajerial sebagaimana tercantum di dalam Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2007 mengenai standar kompetensi manajerial kepala sekolah. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan secara populasi dengan subjek dalam penelitian adalah 26 kepala sekolah dasar se-Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi manajerial yang dimiliki oleh kepala sekolah dasar se-kecamatan Sewon kabupaten Bantul dalam kategori sangat tinggi yang memperoleh persentase 86,97%. Dari 20 indikator yang ada, diketahui ada 16 indikator yang mempunyai kategori sangat tinggi dan 4 indikator yang mempunyai kategori tinggi. Indikator yang memiliki prosentase tertinggi adalah indikator menciptakan budaya dan iklim sekolah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik yang mempunyai prosentase 93,59% yang dikategorikan sangat tinggi dilihat dari sub indikator (1) menata lingkungan fisik sekolah yang nyaman, bersih, dan indah, (2) membentuk suasana iklim kerja yang sehat dan harmonis, (3) menumbuhkan budaya kerja yang efisien, kreatif, inovatif, dan berorientasi pada pelayanan prima. Indikator yang memiliki prosentase terendah adalah indikator mengelola unit layanan khusus sekolah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di sekolah yang mempunyai prosentase 68,51% yang dikategorikan tinggi dilihat dari sub indikator (1) mendayagunakan unit usaha kesehatan sekolah dengan optimal, (2) mengkoordinasikan pengelolaan kantin sekolah yang sehat, (3) mengkoordinasikan pengelolaan koperasi sekolah, (4) mengelola perpustakaan sekolah dalam menyiapkan sumber belajar. Dari 26 kepala sekolah dasar di Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, diketahui bahwa ada 22 kepala sekolah dasar yang mempunyai kompetensi manajerial dalam kategori sangat tinggi dan 4 kepala sekolah dasar dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Kepala sekolah dasar, kompetensi manajerial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:29
Last Modified: 29 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6040

Actions (login required)

View Item View Item