Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X IIS2 SMA N 1 Kretek

Astuti, Aprilia Dwi (2018) Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas X IIS2 SMA N 1 Kretek. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran Sosiologi di kelas X IIS 2 SMAN 1 Kretek . Keaktifan siswa dalam pembelajaran sangat diperlukan. Siswa yang aktif dan terlibat dalam pembelajaran dapat mendorong motivasi siswa, memberikan rasa senang, semangat me ngikuti pembelajaran, dan dapat membantu siswa mengembangkan potensi yang dimilikinya . K eaktifan dan kreativitasan siswa ditunjang oleh p e nggunaan metode pembelajaran , karena keberhasilan s trategi pembelajaran hanya dapat diimplementasikan melalui penggunaan metode pembelajaran . Terdapat m etode pembelajaran take and give yang dapat meningkatkan keaktifan siswa . Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( classroom action research) dengan desain model Kemmis & Mc Taggart. Penelitian yang dilakukan terdiri atas dua siklus dimana setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi . S ubyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 1 Kretek yang berjumlah 25 siswa. Obyek dalam penelitian ini yaitu peningkatan keaktifan siswa pada mata p elajaran Sosiologi pada materi penelitian sosial. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa berdasarkan hasil observasi pada siklus I sebesar 69,60%. Persentase keaktifan tersebut meningkat pada siklus II menjadi sebesar 81,77%. Selain itu, persentase keaktifan siswa berdasarkan hasil an gket pada siklus awal siklus sebesar 57,85%. Persentase keaktifan tersebut meningkat pada siklus I menjadi sebesar 69,77%, dan pada akhir siklus (siklus II) sebesar 83,19%. Berdasarkan analisis hasil observasi dan angket per indicator, masing - masing mengal ami peningkatan dari 69% dan 70% pada siklus I menjadi 78 % dan 84% pada siklus II. Berdasarkan uraian di atas, maka disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran take and give dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran sosiologi di Kelas X II S 2 SMAN 1 Kretek. Kata kunci: Metode Take and Give, Keaktifan , Pembelajaran Sosiologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Ilmu Sosial > Sosiolinguistik
Ilmu Sosial > Sosiokultural
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 09 Oct 2018 00:22
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60397

Actions (login required)

View Item View Item