PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2017/2018

Indrajaya, Ikhwan (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) besarnya pengaruh penggunaan alat peraga dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tempel; (2) besarnya pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tempel; dan (3) besarnya pengaruh penggunaan alat peraga dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Tempel Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tempel, yang berjumlah 92 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas instrumen penelitian menggunakan korelasi Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach’s. Uji prasarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) besar pengaruh penggunaan alat peraga terhadap prestasi belajar sejarah sebesar 24,8%. Penggunaan Alat Peraga terhadap Prestasi Belajar Sejarah dengan rx1y adalah 0,498; r2x1y sebesar 0,248; dan thitung sebesar (5,383) > ttabel sebesar (1,66) pada taraf signifikansi 5%. (2) besar pengaruh motivasi belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah sebesar 35,3% dengan rx2y 0,594; r2x2y sebesar 0,353; dan thitung sebesar (6,929) > ttabel sebesar (1,66) pada taraf signifikansi 5%. (3) besar pengaruh penggunaan alat peraga dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah sebesar 42% dengan Ry(1,2) sebesar 0,648; R2y(1,2) sebesar 0,420; dan nilai Fhitung (31,562) > Ftabel (3,10) pada taraf signifikansi 5%. Kata kunci: Penggunaan Alat Peraga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Sejarah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 08 Oct 2018 08:16
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60388

Actions (login required)

View Item View Item