HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI KEKUATAN OTOT TUNGKAI POWER DENGAN KETEPATAN HASIL UMPAN JAUH (LONG PASS) PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 SEWON

Maydhike, Tito Rama (2018) HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI KEKUATAN OTOT TUNGKAI POWER DENGAN KETEPATAN HASIL UMPAN JAUH (LONG PASS) PADA SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 2 SEWON. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi jadi burn.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Belum semua siswa mengetahui teknik menendang jarak jauh secara benar agar memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, dan power dengan ketepatan hasil umpan jauh (long pass) pada siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 2 Sewon. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Populasi penelitian adalah siswa putra peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 2 Sewon yang berjumlah 20 siswa yang diambil menggunakan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur panjang tungkai dengan meteran, kekuatan otot tungkai dengan menggunakan leg dynamometer, power dengan menggunakan tes vertical jump dan tendangan jarak jauh menggunakan tes ketepatan tendangan jarak jauh Boby Charlton. Analisis data menggunakan uji regresi. Hasil menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan ketepatan hasil umpan jauh (long pass), dengan nilai rx1.y = 0,461 > r(0.05)(25) = 0,444. (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dengan ketepatan hasil umpan jauh (long pass), dengan nilai rx2.y = 0,696> r(0.05)(25) = 0,444. (3) Ada hubungan yang signifikan antara power dengan ketepatan hasil umpan jauh (long pass), dengan nilai rx3.y = 0,826 > r(0.05)(25) = 0,444. (4) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, kekuatan ayunan tungkai, dan kekuatan otot perut, dengan ketepatan hasil umpan jauh (long pass) dalam permainan sepakbola, dengan harga F hitung 12,754 > F (tabel) yaitu 3,24.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, power, ketepatan hasil umpan jauh
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 08 Oct 2018 07:47
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60387

Actions (login required)

View Item View Item