PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DYNAMIC BLOCK DALAM AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK KELAS XII SMK N 1 PAJANGAN

Rachman, Andoga (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL DYNAMIC BLOCK DALAM AUTOCAD PADA MATA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN PERANGKAT LUNAK KELAS XII SMK N 1 PAJANGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Andoga Rachman_12505241023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Video Tutorial Dynamic block dalam Autocad pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak kelas XII SMK N 1 Pajangan. Spesifikasi produk media disesuaikan kebutuhan pembelajaran dengan tingkat kelayakan produk yang baik. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (Four-D) Thiagarajan. Pada penelitian ini dilakukan empat tahapan pengembangan sebagai berikut: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan media pembelajaran yang digunakan untuk memvalidasi media oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan guru mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak di SMK Negeri 1 Pajangan. Hasil pengembangan produk yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan antara lain: (1) prosedur pembuatan media pembelajaran video tutorial Dynamic block melalui tahap: pendefinisian (menganalisis kebutuhan materi dan jenis media), perancangan (pengumpulan referensi materi, pembuatan media video tutorial), pengembangan (validasi produk), dan penyebarluasan (penyebaran produk); (2) media pembelajaran Video Tutorial Dynamic block dalam Autocad dikemas dalam format file PPS (Power Point Show) yang dioperasikan menggunakan Aplikasi Power Point 2013 dalam system operasi Windows dengan durasi normal selama 90 menit; (3) Hasil Pengembangan video tutorial Dynamic block menurut penilaian ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 3,8 dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh tingkat kelayakan 3,45 dengan kategori sangat layak, dan guru mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak memperoleh tingkat kelayakan 3,57 dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Nuryadin Eko Raharjo, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Autocad, Four-D, penelitian dan pengembangan, video pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 09 Oct 2018 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60385

Actions (login required)

View Item View Item