PENGARUH STATUS USBN MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Kristiawan, Adnan Budi (2018) PENGARUH STATUS USBN MATA PELAJARAN PPKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditingkatkannya status USBN mata pelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh status USBN mata pelajaran PPKn terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas X di SMK Negeri se-kabupaten Gunungkidul, 2) pengaruh status USBN mata pelajaran PPKn terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X di SMK Negeri se-kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis survey. Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas X SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X jurusan TSM SMKN 1 Gedangsari, jurusan TKJ SMKN 1 Saptosari, jurusan OTKP SMKN 1 Tepus, dan jurusan TB SMKN 3 Wonosari, dengan jumlah 119 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan angket untuk motivasi belajar dan nilai UTS untuk prestasi belajar. Uji validitas instrumen menggunakan validitas konstruk dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikan 5% dengan bantuan komputer SPSS: PASW 18. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan status USBN mata pelajaran PPKn terhadap motivasi belajar peserta didik dengan nilai thitung 2,476 dan nilai signifikan 0,014. Maka dengan ditingkatkan status USBN mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X SMK Negeri se-kabupaten Gunungkidul. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan status USBN mata pelajaran PPKn terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai thitung 8,263 dan nilai signifikan 0,000. Maka dengan ditingkatkan status USBN mata pelajaran PPKn dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelasX SMK Negeri se-kabupaten Gunungkidul. Kata kunci: USBN, mata pelajaran PPKn, motivasi dan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 08 Oct 2018 00:32
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60380

Actions (login required)

View Item View Item