Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Kearifan Lokal Untal Batu untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal dan Matematis Materi Hukum Newton Kelas X SMA.

Delima, Eisty (2018) Pengembangan Multimedia Learning Modules (MLMs) Berbasis Kearifan Lokal Untal Batu untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Verbal dan Matematis Materi Hukum Newton Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eisty-delima-16726251016.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan (MLMs) berbasis kearifan lokal untal batu yang layak digunakan, dan (2) mengetahui efektivitas MLMs berbasis kearifan lokal untal batu untuk meningkatkan kemampuan representasi verbal dan matematis pada materi hukum Newton Gerak kelas X SMA. Kearifan lokal untal batu digunakan sebagai penyampai materi hukum Newton. Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan 4 D yang terdiri dari define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan dessiminate (penyebaran). Subjek penelitian melibatkan 28 peserta didik kelas XI IPA SMAN 1 OKU Sum-Sel tahun ajaran 2017/2018 pada uji coba terbatas, 275 peserta didik kelas XI IPA dari SMAN 1 dan 5 OKU Sum-Sel tahun ajaran 2017/2018 pada uji terbatas soal, dan 93 peserta didik kelas X IPA 1, 2 dan 3 SMAN 1 OKU tahun ajaran 2017/2018 pada uji coba lapangan. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen tes dan non-tes. Instrumen tes berupa tes (uraian) kemampuan representasi verbal dan matematis. Instrumen non tes berupa angket kebutuhan guru dan siswa, penilaian kelayakan produk, penilaian instrumen tes dan respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan skala baku untuk penilaian kelayakan produk dari para ahli (dosen, guru dan peer reviewers) dan respon siswa, aiken V indeks untuk penilaian instrumen tes para ahli, IRT(items response theory) model PCM (partial credit model) untuk analisis butir tes, serta general linear model (GLM) dengan taraf signifikansi 5% untuk uji efektivitas . Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) MLMs berbasis kearifan lokal untal batu yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan pada penilaian materi dan media menurut ahli (dosen, guru dan peer reviewer) serta respon peserta didik dengan kategori sangat baik, dan juga butir instrumen telah valid dan reliabel berdasarkan analisis IRT model PCM, (2) MLMs berbasis kearifan lokal untal batu efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan representasi verbal dan matematis peserta didik dengan nilai partial eta square (sumbangan efektif) pada multivariate test dengan besar masing - masing 84.4% dan 80.8% yang lebih besar daripada menggunakan modul cetak berbasis kearifan lokal untal batu dan modul cetak yang biasa digunakan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia learning modules, kearifan lokal untal batu, kemampuan representasi verbal, kemampuan representasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Oct 2018 02:57
Last Modified: 09 May 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60367

Actions (login required)

View Item View Item