SUMBANGAN PENDAPATAN NON PERTANIAN TERHADAP TOTAL PENDAPATAN DAN TINGKAT KEMISKINAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA HARGOTIRTO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO

LAILY, USMAWATI (2018) SUMBANGAN PENDAPATAN NON PERTANIAN TERHADAP TOTAL PENDAPATAN DAN TINGKAT KEMISKINAN RUMAH TANGGA PETANI DI DESA HARGOTIRTO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, FIS.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Faktor pendorong petani bekerja pada sektor non pertanian, (2) Faktor penarik petani bekerja pada sektor non pertanian (3) Sumbangan pendapatan non pertanian terhadap total pendapatan rumah tangga petani (4) Peran pendapatan non pertanian dalam mengatasi kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 474 rumah tangga petani yang bekerja ddisektor non pertanian dengan jumlah sampel sebanyak 173 kepala rumah tangga petani. Sampel penelitian diperoleh dari metode pengambilan sampel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Metode pengambilan sampel diambil dengan metode proportional sampling yang respondennya adalah rumah tangga petani yang memiliki pekerjaan non pertanian. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding dan tabulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan tabel frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Faktor pendorong petani bekerja disektor non pertanian adalah: (a) kepemilikan lahan pertanian sempit (45,66%), (b) kebutuhan hidup rumah tangga besar (52,03%), dan (c) sebagai pekerjaan sampingan (2,31%). (2) Faktor penarik petani bekerja disektor non pertanian adalah: (a) penghasilan non pertanian lebih besar (30,06%), (b) resiko kegagalan kerja lebih kecil (15,03%) dan (c) hasil pendapatan non pertanian dapat segera dinikmati (54,91%). (3) Tingkat kemiskinan rumah tangga petani di Desa Hargotirto kondisinya semakin membaik dengan adanya pendapatan non pertanian. Tingkat kemiskinan dari pertanian yaitu miskin 82,08% dan tidak miskin 17,92%. Meningkat setelah ditambah dengan pendapatan non pertanian menjadi miskin sebanyak 25,43% dan tidak miskin 74,57%. (4) Pendapatan dari sektor non pertanian menyumbang 50% terhadap total pendapatan rumah tangga petani. Kata kunci: rumah tangga petani, pekerjaan non pertanian, pendapatan dan kemiskinan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 05 Oct 2018 00:33
Last Modified: 30 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60366

Actions (login required)

View Item View Item