Pengembangan Jobsheet Model Project-Based Learning pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Saputra, Taufik Wisnu (2018) Pengembangan Jobsheet Model Project-Based Learning pada Kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Sedayu, Bantul, Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
taufik-wisnu-saputra-15722251001.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui karakteristik produk jobsheet model pembelajaran project based learning pada pembelajaran menggambar mesin 3D dengan CAD, (2) mengetahui tingkat kelayakan produk jobsheet model project based learning pada mata pelajaran menggambar mesin 3D dengan CAD. (3) mengukur tingkat efektivitas jobsheet model project based learning pada mata pelajaran menggambar mesin 3D dengan CAD di SMK N 1 Sedayu Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berdasarkan Richey & Klein. Tahapan pengembangan produk terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, dan evaluasi. Uji coba produk terdiri dari uji coba internal dan uji coba eksternal. Uji coba internal meliputi hasil evaluasi validasi produk dan instrumen. Uji coba eksternal meliputi hasil efektivitas belajar peserta didik mata pelajaran menggambar mesin 3D dengan CAD di SMK N 1 Sedayu Bantul dan respon peserta didik terhadap jobsheet. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, wawancara, observasi lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen soal uraian, kuesioner, lembar wawancara, lembar observasi rating scale dan catatan anekdot. Subjek penelitian terdiri dari 13 peserta didik kelas XI Prodi Teknik Pemesinan. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik produk jobsheet model project based learning yaitu dari: (a) segi struktur terdiri judul job, tujuan, daftar alat dan bahan, langkah pekerjaan, gambar ilustrasi, keselamatan kerja, sumber referensi, lembar evaluasi, dan waktu pengerjaan; (b) segi bentuk terdiri dari kepala jobsheet, badan jobsheet, kaki jobsheet, lembar penilaian, dan pedoman penyekoran; (c) segi materi adalah gambar benda susunan (assembling) (d) segi evaluasi penilaian dilakukan secara mandiri (self assessment) dengan pedoman penilaian yang detail.; (2) Kelayakan produk dari hasil validasi produk dinyatakan layak untuk digunakan dengan beberapa perbaikan dan masuk dalam kategori “sangat baik”. Sementara reliabilitas produk dan instrumen dalam kategori “good agreement”.; (3) efektivitas produk diperoleh dari hasil quasi experiment pada aspek pengetahuan. Pada quasi experiment diperoleh nilai t-hitung (-2,94) < t-tabel (2,145). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan nilai pre-test dan post-test. Efektivitas juga dilakukan pada aspek pengetahuan, aktivitas belajar, presentasi, keterampilan dan kreativitas berpikir. Hasil penilaian pada seluruh aspek diperoleh hasil bahwa nilai pada masing-masing aspek sudah baik. Selain itu, tingkat respon peserta didik terhadap keterlaksanaan pembelajaran menggunakan jobsheet model project based learning diperoleh hasil sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: CAD 3D, efektivitas, jobsheet, pengembangan, PjBL, permesinan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Oct 2018 07:48
Last Modified: 09 May 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60361

Actions (login required)

View Item View Item