PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DENGAN MEDIA COMPACT DISK INTERKATIF KELAS 2 SD DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA

Yan Pratiwi Sari, Arthanthi (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN DENGAN MEDIA COMPACT DISK INTERKATIF KELAS 2 SD DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kategori ringan dengan media compact disk interaktif kelas 2 SD di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, yaitu 1 laki-laki dan 2 perempuan yang duduk di kelas 2 SDLB. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes, yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemampuan membaca permulaan. Validitas instrumen tes dengan guru kelas 2 SDLB-C dan validitas materi serta media dengan dosen Pendidikan Luar Biasa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif kuantitatif dan penyajian data dalam bentuk tabel dan grafik histogram. Dari hasil analisis data dalam penelitian ini diketahui bahwa media compact disk interaktif dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita ringan. Subjek Rudi saat tes kemampuan awal 60% , subjek Lila 60%, dan subjek Fany 68%. Hasil pasca tindakan siklus I yaitu subjek Rudi dengan skor 73,23%, subjek Lila dengan skor 72,63 %, dan subjek Fany dengan skor 68% . Subjek Fany belum meningkat karena belum dapat membaca kalimat sederhana sehingga memerlukan bimbingan dan pengulangan materi. Hasil pasca tindakan siklus II yaitu subjek Rudi dengan skor 77,94%, subjek Lila dengan skor 76,76 %, dan subjek Fany dengan skor 76,47%. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan adanya pengulangan materi. Pengulangan tersebut dikarenakan kelemahan tunagrahita dalam menghubungkan antar huruf menjadi suku kata, kata dan kalimat terbantu oleh proses penggabungan yang di desain dengan langkah – langkah yang tertera dalam isi compact disk. Kata kunci : anak tunagrahita, membaca permulaan, compact disk interaktif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 19 Sep 2012 12:13
Last Modified: 29 Jan 2019 16:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item