IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Luthfi Hendrato, Muhammad (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Muhammad Luthfi Hendrato_14110244002.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, 1) proses perencanaan pendidikan kewirausahaan di SMP Negeri 15 Yogyakarta, 2) organisasi pendidikan kewirausahaan di SMP Negeri 15 Yogyakarta, 3) implementasi program pendidikan kewirausahaan di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, guru, pendamping kegiatana ekstrakurikuler dan peserta didik. Objek penelitian mengenai program pendidikan kewirausahaan. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Uji validitas data melalui triangulasi sumber, dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peraturan inpres Nomor 4 tahun 1995 dan ditegaskan pada UU Sisdiknas No 20 Tahun 2013, sekolah menurunkan peraturan tersebut ke dalam kebijakan sekolah melalui misi. Perencanaan program ini memiliki struktur organisasi yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pendidik. Pendidikan kewirausahaan di sekolah memiliki klasifikasi yang terdiri dari bentuk program, sarana dan prasaran, serta hasil program.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi program, pendidikan kewirausahaan, SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60339

Actions (login required)

View Item View Item