KEBIJAKAN PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM PENDIDIKAN KLASIKAL

Latifah, Atik (2018) KEBIJAKAN PONDOK PESANTREN SUNAN PANDANARAN DALAM MENGEMBANGKAN SISTEM PENDIDIKAN KLASIKAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Atik Latifah_11110244004.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dalam mengembangkan sistem Pendidikan klasikal. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek warga Pondok Pesantren Sunan Pandanaran dengan objek sistem pengembangan pendidikan klasikal. Teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan studi dokumen. Peneliti menggunakan uji triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan model Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Pesantren Sunan Pandanaran merupakan Pondok Pesantren modern yang mengaplikasikan sistem pendidikan klasikal yang berupa kitab kuning dan tahfidz kedalam kurikulum pada pembelajarannya, hal ini dimaksudkan agar para santri atau peserta didik dalam menambah khasanah pengetahuan mereka. Adapun pembagian kelas untuk kelas diniyyah ini telah disesuaikan dengan kemampuan dari para peserta didik, untuk tingkatan diniyyah sendiri dimulai dari kelas I’dadiyah, Ula/Awaliyyah, Wustho, Ulya, dan yang tertinggi yaitu kelas Takhassus, dengan begitu harapan untuk para peserta didik dapat terpenuhi yaitu dapat memahami ilmu dari kitab-kitab kuning tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebijakan pendidikan, pondok pesantren, pendidikan klasikal
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60330

Actions (login required)

View Item View Item