Analisis Keterampilan Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama Menurut Teori Level van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif.

Misnasanti, Misnasanti (2018) Analisis Keterampilan Geometri Siswa Sekolah Menengah Pertama Menurut Teori Level van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-misnasanti-16709251011.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran gaya kognitif siswa Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI), level berpikir van Hiele siswa, keterampilan geometri siswa, keterampilan geometri siswa ditinjau dari gaya kognitif, keterampilan geometri siswa ditinjau dari level berpikir van Hiele dan keterampilan geometri siswa menurut gaya kognitif dan tingkat berpikir van Hiele kelas VIII SMP/MTs di Kota Banjarbaru. Penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek penelitian terdiri dari 338 siswa kelas VIII SMP/MTs di Kota Banjarbaru yang berasal dari 15 sekolah dengan kategori strata tinggi, strata sedang dan strata rendah. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan stratified proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes. Instrumen yang digunakan berupa tes Group Embedded Figures Test (GEFT), tes Van Hiele Geometry Test (VHGT) dan tes diagnostik yang terdiri dari 4 butir soal keterampilan geometri. Instrumen yang digunakan telah divalidasi oleh dua ahli. Hasil reliabilitas instrumen tes diagnostik adalah sebesar 0,657. Analisis data dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 63,60% dari 338 siswa yang dijadikan subjek penelitian secara umum memiliki gaya kognitif FD. Secara keseluruhan, level berpikir geometri siswa FD maupun siswa FI berada di level 0 dengan persentase jumlah siswa FD dan FI berturut-turut 60% dan 59,34%. Pada keterampilan geometri siswa, rata-rata keterampilan visual adalah 13,13 dengan kriteria sedang, rata-rata keterampilan verbal siswa adalah 10,20 dengan kriteria tinggi, rata-rata keterampilan menggambar adalah 10,74 dengan kriteria tinggi, rata-rata keterampilan logis adalah 9,48 dengan kriteria sedang dan rata-rata keterampilan terapan adalah 6,89 dengan kriteria sedang. Ditinjau dari gaya kognitif, rata-rata skor siswa FI lebih baik daripada siswa FD disetiap keterampilan geometri dengan rata-rata skor keterampilan geometri siswa FD dan siswa FI adalah 54,34 dan 62,59. Ditinjau dari level berpikir van Hiele, secara keseluruhan menunjukkan bahwa semakin tinggi level van Hiele yang dicapai siswa, semakin baik pula keterampilan geometrinya. Ditinjau dari gaya kognitif dan level berpikir van Hiele. Ada siswa FD dan FI yang berada di level n-1 van Hiele yang memiliki rata-rata skor keterampilan geometri lebih baik daripada siswa FD dan FI yang berada di level n van Hiele. Secara keseluruhan, menunjukkan bahwa baik siswa FD maupun siswa FI, semakin tinggi level van Hiele yang dicapai siswa, semakin baik pula keterampilan geometrinya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: gaya kognitif, level berpikir Van Hiele, keterampilan geometri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Oct 2018 07:31
Last Modified: 09 May 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60323

Actions (login required)

View Item View Item