KULTUR SEKOLAH DI SD ISLAM TERPADU ALAM NURUL ISLAM GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Tri Wibowo, Sigit (2018) KULTUR SEKOLAH DI SD ISLAM TERPADU ALAM NURUL ISLAM GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Sigit Tri Wibowo_13110241013.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah, proses pembelajaran, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan kultur yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu Alam Nurul Islam Gamping, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, staf/ administrasi/ tata usaha sekolah di SDIT Alam Nurul Islam Gamping, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji validitas data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) SDIT Alam Nurul Islam merupakan sekolah alam yang memiliki keunggulan serta kultur positif yang didukung oleh kultur fisik yang baik, serta kultur non fisik yang dimiliki SDIT Alam Nurul Islam juga menggambarkan kultur positif. Nilai-nilai yang dibudayakan di dalam sekolah seperti nilai kebersihan, nilai gemar membaca, nilai kedisiplinan, nilai religi, nilai kejujuran, dan nilai berprestasi. (2) Proses pembelajaran SDIT Alam Nurul Islam menggunakan berbagai kurikulum, untuk pembelajaran yang di kombinasikan dari kurikulum KTSP, Kurikulum 2013, dan Kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu). (3) Faktor pendukung yaitu visi misi sekolah, kepemimpinan kepala sekolah, hubungan antar warga sekolah, kurikulum. Faktor penghambat yaitu perawatan sekolah perlu ditingkatkan, guru masih menggunakan acuan mengajar yang lama tidak sesuai dengan acuan sekolah, siswa masih ada yang melanggar aturan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kultur, kultur sekolah, SDIT Alam Nurul Islam
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60296

Actions (login required)

View Item View Item