IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN BENCANA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN TANGGUH BENCANA DI DESA KEPUHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jamilah, Kharitsatun (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENANGGULANGAN BENCANA MELALUI PROGRAM PENDIDIKAN TANGGUH BENCANA DI DESA KEPUHARJO, KECAMATAN CANGKRINGAN, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Kharitsatun Jamilah_13110241003.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 3 December 2028.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kebijakan penanggulangan bencana melalui program pendidikan tangguh bencana di Desa Kepuharjo, Cangkingan, Sleman, Yogyakarta. (2) Kendala-kendala dalam mengimplementasikan kebijakan penanggulangan bencana melalui program pendidikan tangguh bencana di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi kebijakan penanggulangan bencana melalui program pendidikan tangguh bencana di Desa Kepuharjo yaitu dengan menyelenggarakan pelatihan tangguh bencana untuk meningkatkan kapasitas masyarakat terhadap penanganan penanggulangan bencana. Desa Kepuharjo tahun ini sudah masuk pada desa/kelurahan tangguh bencana tingkat madya. (2) Kendala internal yaitu terkait sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kemudian kendala eksternal adalah permasalahan pendanaan belum ada karena mengunggu pencairan dana dari pemerintah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan tangguh bencana, pelatihan tangguh bencana, masyarakat.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60288

Actions (login required)

View Item View Item