PENDIDIKAN ANAK DI KAWASAN BERISIKO KAMPUNG SOSROWIJAYAN KOTA YOGYAKARTA

Riwa, Pintaka (2018) PENDIDIKAN ANAK DI KAWASAN BERISIKO KAMPUNG SOSROWIJAYAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Pintaka Riwa_12110244009.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak di kawasan berisiko Kampung Sosrowijayan Kota Yogyakarta dengan melihat: (1) Proses pendidikan yang diterapkan pada institusi keluarga (2) Proses pendidikan yang diterapkan masyarakat melalui penyelenggaraan hak-hak anak dan program Jam Belajar Masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah keluarga yang meliputi orangtua dan anak serta tokoh masyarakat sebagai representasi masyarakat. Setting penelitian dilakukan di Kampung Sosrowijayan, Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif, dengan tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Orangtua memahami pentingnya pendidikan anak (2) Tujuan orangtua dalam pendidikan anak termasuk tujuan umum (3) Isi pendidikan meliputi nilai, pengetahuan, keterampilan dan selalu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari (4) Alat pendidikan meliputi pembiasaan, pengawasan, perintah, larangan, ganjaran, dan hukuman serta digunakan dengan baik oleh orangtua (5) Semua fungsi keluarga diterapkan cukup baik seperti fungsi agama, fungsi biologis-ekonomi, fungsi perlindungan-kasih sayang, fungsi sosialisasi, dan fungsi pendidikan (6) Orangtua selalu berusaha membentuk lingkungan belajar yang baik bagi anak (7) Pemenuhan hak-hak anak tercukupi jika dilihat dari segi minimnya penyimpangan, hanya kesadaran dan partisipasi masyarkat akan pemenuhan hak-hak anak masih rendah, serta program JBM belum optimal (8) Praktek pendidikan anak di lingkungan keluarga memiliki tendensi protektif terhadap dampak lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak, Kawasan Berisiko, dan Kampung Sosrowijayan.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60281

Actions (login required)

View Item View Item