PENDIDIKAN KARAKTER DI PERKAMPUNGAN BERESIKO PROSTITUSI PASAR KEMBANG TK PKK SOSROWIJAYAN YOGYAKARTA

Fauzi, Yulia (2018) PENDIDIKAN KARAKTER DI PERKAMPUNGAN BERESIKO PROSTITUSI PASAR KEMBANG TK PKK SOSROWIJAYAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Yulia Fauzi_13110241012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan tentang pelaksanaan pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan, 2) mengidentifikasi karakter yang terbentuk dalam pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan, dan 3) mendeskripsikan tantangan dalam pelaksanaan pendidikan karakter di TK PKK Sosrowijayan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yakni siswa, guru, kepala sekolah, dan orangtua siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan kajian dokumen. Keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi data, perpanjangan penelitian dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) pelaksanaan pendidikan karakter di TKK PKK Sosrowijayan menggunakan metode belajar sambil bermain dan karyawisata. Guru menggunakan metode pembiasaan, dan teladan pada siswa, yang juga diberikan reward bagi siswa, 2) Karakter yang terbentuk yakni religius, kesopanan, cinta kebersihan dan keberanian, 3) tantangan dalam pelaksanaannya yakni lingkungan prostitusi yang tidak mendukung, rasa ingin tahu anak yank tinggi, dan mencari guru honorer untuk pelajaran seni lukis, seni tari dan marching band.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Taman Kanak-kanak, Kawasan Prostitusi
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60279

Actions (login required)

View Item View Item