KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA

Sutrisna, Yahya (2018) KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD NEGERI NGUPASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Yahya Sutrisna_13110241020.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2 December 2028.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi Kebijakan sekolah ramah anak serta faktor pendukung dan penghambatnya di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskreptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, siswa, dan pegawai dinas dengan obyek penelitian meliputi Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data menggunakan trianggulsi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Kebijakan Sekolah Ramah Anak di SD Negeri Ngupasan Yogyakarta meliputi: (1) tujuan kebijakan sekolah ramah anak sudah terlihat, bisa dilihat dari sikap para siswa yang telah merasa aman dan nyaman berada disekolah; (2) sumber daya manusia, dan sumberdaya sarana parasarana yang mendukung implementasi kebijakan sekolah ramah anak dan sumber daya finansial yang bersumber dari dinas; (3) badan pelaksana yang bertanggung jawab dalam menjalankan kebijakan sekolah ramah anak adalah tim sekolah ramah anak terdiri dari guru dan juga paguyuban wali murid; (4) dampak setelah adanya sekolah ramah anak adalah dukungan positif dari berbagai pihak terutama siswa dan orang tua siswa; (5) sikap setelah adanya kebijakan sekolah ramah anak tentunya semua pihak mendukung dalam keberhasilan kebijakan tersebut terutama guru dan kepala sekolah; (6) komunikasi, adanya sosialisasi mengenai kebijakan sekolah ramah anak kepada guru, siswa, dan orang tua serta merangkul instansi dan dinas terkait. Faktor Pendukung berupa sikap positif dan dukungan dari berbagai pihak serta adanya komitmen dari pihak sekolah dalam keberhasilan kebijakan sekolah ramah anak. Faktor penghambat berupa waktu pelaksanan kebijakan, komunikasi, kurangnya pemenuhan sarana dan prasarana yang ramah anak terutama anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi Kebijakan, Sekolah Ramah Anak. SD Negeri Ngupasan Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60263

Actions (login required)

View Item View Item