IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI MTS Al FURQON SANDEN BANTUL

Praban Daru, Wahyu (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI MTS Al FURQON SANDEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Wahyu Praban Daru_10110244043.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2 December 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi kebijakan sekolah berbasis pesantren di madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul; 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengimplementasikan kebijakan sekolah berbasis pesantren di madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Implementasi kebijakan sekolah berbasis pesantren di madrasah tsanawiyyah (MTs) Al Furqon Sanden Bantul adalah: pengorganisasian pelaksanaan kebijakan sekolah berbasis pesantren, kesiapan sekolah untuk melaksanakan sekolah berbasis pesantren, pelaksanaan kebijakan penyelenggaraan sekolah berbasis pesantren. (2) Faktor pendukung meliputi: perhatian Pemerintah, dukungan organisasi Nahdlatul Ulama yaitu badan otonom LP Maarif, dukungan Yayasan Al Furqon, kepercayaan komite sekolah, komunikasi antar warga sekolah, kekompakan pendidik dan tenaga kependidikan, komitmen pendidik dan tenaga kependidikan serta sarana prasarana yang ada. Sedangkan faktor penghambat meliputi: pemerintah diharapkan dapat mengetahui dan responsiif terhadap kebijakan sekolah berbasis pesantren dan memberikan ruang fokus dalam kurikuler yang menonjol, keadaan sarana dan prasarana yang kurang merata khususnya sarana prasarana untuk ruangan laboratorium.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Sekolah Berbasis Pesantren, MTs Al Furqon Sanden
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60260

Actions (login required)

View Item View Item