SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD JETIS II YOGYAKARYA

Setiawan, Anggi (2018) SEKOLAH RAMAH ANAK DI SD JETIS II YOGYAKARYA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Anggi Setiawan_13110241057.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Gambaran sekolah ramah anak di SD Jetis 2 Yogyakarta, 2) faktor pendukung dan penghambat terciptanya sekolah ramah anak di SD Jetis 2 Yogyakarta. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Gambaran sekolah ramah anak di SD Jetis 2 Yogyakarta adalah a) perlakuan sekolah tidak mengandung unsur diskriminasi dan kekerasan. b) kesempatan yang sama terhadap anak berkebutuhan khusus dan pendampingan terhadap anak apabila terlibat masalah hukum diselesaikan dengan kekeluargaan. Pemberian layanan kepada anak juga disesuaikan dengan kebutuhan. c) standar sarana dan prasarana sekolah secara umum sudah bersih dan lengkap. Hanya saja secara fisik lingkungan sekolah belum ramah untuk penyandang disabilitas. 2) faktor pendukung berupa sumber daya guru yang menyadari lingkungan sekolah, berkomitmen untuk membangun sekolah dan juga komunikasi yang baik antar anggota sekolah. Sementara faktor penghambat berupa daya dukung fisik terutama luas sekolah yang sempit, anggaran sekolah yang kecil dan kurangnya dukungan orang tua yang bahkan memberi dampak buruk terhadap anak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sekolah ramah anak
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60257

Actions (login required)

View Item View Item