PARTISIPASI MASYARAKAT, KEGIATAN PENDIDIKAN MEMBATIK PELESTARIAN BUDAYA LOKAL MEMBATIK DI DUSUN SEMIN

Eka Cahya, Hansen (2018) PARTISIPASI MASYARAKAT, KEGIATAN PENDIDIKAN MEMBATIK PELESTARIAN BUDAYA LOKAL MEMBATIK DI DUSUN SEMIN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Hansen Eka Caya_12110244017.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji Partisipasi Masyarakat Pada Pendidikan Pelestarian Budaya Lokal Membatik Di Dusun Semin, Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik data reduction, datadisplay, dan conclusion drawing/verification. Tujuan penelitian ini yaitu: 1. Mengetahui partisipasi masyarakat pada pendidikan pelestarian budaya lokal membatik di Dusun Semin, Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. 2. Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pendidikan pelestarian budaya lokal pada masyarakat Dusun Semin, Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: 1. Partisipasi Masyarakat pada Pendidikan Pelestarian Budaya Lokal Membatik di Dusun Semin, Desa Widoro, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Wonogiri dilakukan dengan cara masyarakat dan pabrik Pranaraya melakukan pelatihan membatik kepada masyarakat dan siswa sekolah di lingkungan pabrik Pranaraya. Selain itu pihak pabrik Parnaraya juga menyediakan sarana pendukung kegiatan membatik. 2. Faktor pendukung kegiatan partisipasi masyarakat dalam Pendidikan Pelestarian Budaya Lokal membatik yaitu adanya sarana prasarana yang lengkap yang tersedia, adanya kecintaan masyarakat terhadap kegiatan membatik, adanya nilai ekonimi batik. Sedangkan faktor penghambat dalam pendidikan pelestarian budaya lokal membatik yaitu pekerjaan membatik Pekerjaan membatik seringkali masih dianggap sebagai pekerjaan sampingan dan membatik merupakan pekerjaan yang susah karena butuh ketelatenan dan kesabaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Kegiatan Pendidikan Membatik, Pelestarian Budaya Lokal Membatik di Dusun Semin.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60256

Actions (login required)

View Item View Item