KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PROGRAM SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

Fidia Atmaja, Muslim (2018) KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PROGRAM SEKOLAH BERBASIS PESANTREN DI SMP ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Muslim Fidia Atmaja_11110241025-ilovepdf-compressed.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: 1) Kebijakan penyelenggaraan program sekolah berbasis pesantren di SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta; 2) Bentuk integrasi 3) Faktor pendukung dan penghambat; 4) Solusi mengatasi faktor penghambat kebijakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala bagian kurikulum, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen utama dengan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: 1) Kebijakan penyelenggaraan program sekolah berbasis pesantren adalah pengorganisasian pelaksanaan, kesiapan 2) Integrasi sekolah dan pesantren 3) Faktor pendukung: Pemerintah, Nahdlatul Ulama, Yayasan Ali Maksum, komite sekolah, komunikasi warga sekolah, kekompakan pendidik, tenaga kependidikan, serta sarana prasarana. Faktor penghambat meliputi: keadaan sarana prasarana kurang merata 4) Solusi yang dilakukan sekolah meliputi: mengoptimalkan sarana dan prasarana sebagai media penunjang proses pembelajaran, sinergisitas pesantren dengan sekolah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, sekolah berbasis pesantren, SMP Ali Maksum Krapyak Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:06
Last Modified: 30 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60254

Actions (login required)

View Item View Item