PENDIDIKAN PARTISIPATIF PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH SALATIGA

Wiji Anggraeni, Erma (2018) PENDIDIKAN PARTISIPATIF PADA KOMUNITAS BELAJAR QARYAH THAYYIBAH SALATIGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Erma Wiji Anggraeni_13110244004-ilovepdf-compressed.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan pendidikan dalam praktik pendidikan partisipatif pada Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Salatiga dari faktor tujuan, faktor peserta didik, faktor pendidik, faktor alat-alat, faktor lingkungan, serta pengalaman belajar dan output. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tujuan pendidikan lebih menekankan pada esensi belajar dengan memberikan kemerdekaan inteligensia kepada peserta didik untuk mencari dan menemukan potensi diri guna meningkatkan kualitas hidup agar bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan. (2) Faktor Peserta Didik, pembelajaran yang children centered terlihat dari peserta didik sebagai subjek diberikan hak seutuhnya dalam kegiatan pembelajaran. (3) Faktor Pendidik, relasi yang terjadi dalam interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik memiliki hubungan yang bersifat horizontal dimana keduanya memiliki posisi yang setara dalam proses pembelajaran. (4) Faktor Alat-alat, kurikulum dan materi pembelajaran dibuat, dilaksanakan, dan dievaluasi bersama-sama. (5) Faktor Lingkungan, atmosfer belajar yang membuat nyaman dalam proses pembelajaran. (6) Pengalaman belajar dan output disatu sisi mengembangkan kemerdekaan yang bertanggung jawab namun disisi lain beberapa peserta didik masih belum memahami kemerdekaan secara bertanggung jawab. Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah bertujuan untuk lebih menekankan pada substansi belajar namun juga mengikuti kebijakan negara dalam legal formal ijazah kesetaraan sehingga masih terdapat dilema antara kebijakan pendidikan dengan penyelenggaraan pendidikan alternatif di Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah yang belum otonom murni.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendidikan partisipatif, komunitas belajar.
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60252

Actions (login required)

View Item View Item