KULTUR SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI 2 PONOROGO

Mubarokah, Umi (2018) KULTUR SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PGRI 2 PONOROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Tas_Umi Mubarokah_13110241037-ilovepdf-compressed.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2028.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kultur sekolah di SMK PGRI 2 Ponorogo baik kultur fisik maupun non fisik dan mengidentifikasi program-program yang diterapkan di sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian pengurus pondok pesantren Al-Ikhlas, seluruh warga sekolah dengan objek artefak fisik dan non-fisik di sekolah. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil menunjukkan kultur sekolah relatif positif, nilai yang dibudayakan nilai gemar membaca, berprestasi, religius, kedisiplinan, kebersihan, kerapian, tanggung jawab, kesopanan, dan nilai kerjasama. Nilai yang menonjol ialah nilai kedisiplinan. Program untuk menanamkan nilai-nilai positif meliputi program pondok pesantren, mengaji bersama, pelatihan baca tulis Al-Qur’an, siswa perempuan wajib berkerudung, tirakatan, Pelatihan Baris Berbaris, taruna-taruni dan wajib berkunjung perpustakaan satu minggu sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kultur sekolah, artefak fisik, dan artefak non fisik
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 04 Oct 2018 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60249

Actions (login required)

View Item View Item