Pengaruh Kemampuan Menulis Karya Ilmiah, Motivasi Berprestasi dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kecepatan Kenaikan Pangkat Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman pada Tahun 2017

Saputra, Harya Danang (2018) Pengaruh Kemampuan Menulis Karya Ilmiah, Motivasi Berprestasi dan Disiplin Kerja Guru Terhadap Kecepatan Kenaikan Pangkat Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman pada Tahun 2017. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-danang-harya-saputra-14703254008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) seberapa tinggi kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah; 2) seberapa tinggi motivasi berprestasi guru; 3) Seberapa tinggi tingkat disiplin; 3) seberapa cepat kenaikan pangkat guru; 4) Seberapa besar pengaruh kemampuan menulis karya ilmiah terhadap kecepatan kenaikan pangkat; 5) seberapa besar pengaruh motivasi berprestasi terhadap kecepatan kenaikan pangkat guru; 6) seberapa besar pengaruh disiplin kerja terhadap kecepatan kenaikan pangkat guru; dan 7) seberapa besar pengaruh kemampuan menulis karya ilmiah, motivasi berprestasi dan disiplin kerja secara bersama-sama terhadap kecepatan kenaikan pangkat guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman; Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei. Subyek penelitian ini adalah PNS guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman sejumlah 345 orang. Kemudian diambil sampel dengan taraf signifikansi 0,05, maka jumlah sampel sesuai dengan table Isaac dan Michael untuk populasi 345 adalah 172. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan wawancaraawal. Analisis data menggunakan analisis data statistic deskriptif dan inferensial yang berupa analisis korelasi dan regresi sederhana dan ganda. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan: 1) kemampuan guru sekolah dasar negeri dalam menulis karya ilmiah mayoritas masuk termasuk dalam kategori sedang, yakni 111 responden (64,5%). Analisis skor kriterium menunjukkan sebesar 64,2% atau masuk kategori tinggi. 2) Motivasi berprestasi guru sekolah dasar negeri secara mayoritas termasuk kategori sedang, yakni 131 responden (76,2%). Analisis skor kriterium menunjukkan sebesar 70,8% atau masuk kategori tinggi. 3) Disiplin guru sekolah dasar negeri secara mayoritas termasuk kategori sedang, yakni 96 responden (55,8%). Analisis skor kriterium menunjukkan sebesar 73,3% atau masuk kategori tinggi. 4) Kecepatan kenaikan pangkat guru sekolah dasar negeri secara mayoritas termasuk kategori cepat, yakni 80 responden (46,5%). 5) Kemampuan guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman dalam menulis karya ilmiah berpengaruh terhadap Kecepatan kenaikan pangkat guru sekolah dasar negeri. Nilai t hitung sebesar 2,168, dan sumbangan efektif 4,8%. 6) Motivasi berprestasi berpengaruh terhadap Kecepatan kenaikan pangkat guru sekolah dasar negeri. Nilai t hitung sebesar 2,038, dan sumbangan efektif 8,8%. 7) Disiplin kerja guru berpengaruh terhadap Kecepatan kenaikan pangkat guru sekolah dasar negeri. Nilai t hitung sebesar 3,389, dan sumbangan efektif 16,8%. 8) Kemampuan guru sekolah dasar negeri dalam menulis karya ilmiah, motivasi berprestasi dan disiplin kerja guru berpengaruh positif terhadap kecepatan kenaikan pangkat guru. Besar pengaruh kemampuan guru dalam menulis karya ilmiah, motivasi berprestasi dan disiplin kerja guru berpengaruh positif terhadap Kecepatan kenaikan pangkat guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Depok ditemukan sebesar 30,4%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan membuat karya ilmiah, motivasi berprestasi, disiplin kerja, kecepatan kenaikan pangkat
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:35
Last Modified: 13 Dec 2022 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60208

Actions (login required)

View Item View Item