PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

KESUMA, M YUDI SETYA ADI (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER, MOTIVASI BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERBANKAN DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_M YUDI SETYA ADI KESUMA_14803249001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar (2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (3) Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar, (4) Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Perbankan Dasar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Ex-Post Facto. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta yang berjumlah 66 siswa. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi uji linieritas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) terdapat pengaruh positif Implementasi Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa dengan nilai rx1y (0,379), r2x1y (0.143) (2) terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa dengan nilai rx2y (0,389), r2x2y (0.151) (3) terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa dengan nilai rx3y (0,473), r2x3y (0.224) (4) terdapat pengaruh positif Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Perbankan Dasar Siswa dengan nilai Ry(1,2,3) (0,609), R2y(1,2,3) (0,224), FHitung (12,194) lebih besar Ftabel (2,760). Sumbangan Relatif Implementasi Pendidikan Karakter sebesar Sumbangan Relatif 26% dan Sumbangan Efektif 9,7% Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 26% dan Sumbangan Efektif 9,6%. Sumbangan Relatif Perhatian Orang Tua 48% dan Sumbangan Efektif sebesar 17,8%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 27 Sep 2018 00:37
Last Modified: 30 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60165

Actions (login required)

View Item View Item