PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TENTANG TEKNIK JUMPUTAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PLAOSAN 1 SLEMAN

Awalina, Rizka (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK TENTANG TEKNIK JUMPUTAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI PLAOSAN 1 SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img] Text
TAS RIZKA AWALINA.PDF
Restricted to Repository staff only until 28 September 2018.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran scrapbook untuk menerapan tenik jumputan Kelas IV SD Negeri Plaosan 1 dan (2) Mengetahui kelayakan media scrapbook untuk penerapan teknik jumputan peserta didik kelas IV SD Negeri Plaosan 1. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada prosedur pengembangan Borg and Gall dalam sepuluh tahap pemgembangan. Namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap ke delapan yaitu: (1) potensi masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, dan 8) uji coba pemakaian. Uji coba dilaksanakan setelah melalui uji validalitas oleh ahli media, ahli materi dan ahli praktisi pembelajaran. Uji coba dilaksanakan di SD Negeri Plaosan 1 dengan melibatkan 20 peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, analisis dokumentasi dan angket. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dari data kuantitatif untuk pengembangan produk media scrapbook dalam penerapan teknik jumputan dan deskriptif kualitatif untuk mengetahui hasil validasi ahli dan respon peserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukan bahwa: (1) Menghasilkan media scrapbook dalam penerapan teknik jumputan peserta didik kelas IV. Hasil validasi ahli materi sebesar 39,00 dengan rerata 3,25, sehingga masuk dalam kategori sangat baik dan layak. Hasil validasi ahli media sebesar 66 dengan rerata 3,33, sehingga masuk dalam kategori sangat baik dan layak. Hasil validasi ahli praktisi pembelajaran sebesar 40,00 dengan rerata 3,33, sehingga masuk dalam kategori sangat baik dan layak. Hasil uji coba perorangan mendapatkan persentase 91,6 % sehingga dapat dikategorikan dengan “Respon positif”. Hasil uji coba kelompok kecil mendapatkan persentase 93,3% sehingga dapat dikategorikan dengan “Respon positif”. Kemudian hasil uji coba kelompok besar mendapatkan persentase 93,3 % sehingga dapat dikategorikan dengan “Respon positif”. (2) Kelayakan media scrapbook teknik jumputan yang telah dinilai oleh ahli materi, ahli media dan ahli praktisi pembelajaran menunjukkan bahwa media scrapbook teknik jumputan ini valid atau layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Bambang Prihadi, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 27 Sep 2018 02:24
Last Modified: 30 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60163

Actions (login required)

View Item View Item