Keefektifan Metode Pretend Play Berbasis Kearifan Lokal di Kelompok B TK Negeri 27 Dodu Kota Bima

Awalunisah, Siti (2018) Keefektifan Metode Pretend Play Berbasis Kearifan Lokal di Kelompok B TK Negeri 27 Dodu Kota Bima. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siti-awalunisah-16717251023.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan metode pretend playberbasis kearifan lokal terhadap : (1) Kemandirian, (2) keterampilan sosial, dan (3) keterampilan berbicara anak di Kelompok B TK Negeri 27 Dodu Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan sasaran anak kelompok B di TK Negeri 27 Dodu Kota Bima. Subjekpenelitian sebanyak 40 anak, terdiri atas 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik sampling sederhana. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode pretend play berbasis kearifan lokal, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan metode ceramah. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik uji –t (beda) untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Metode pretend playberbasis kearifan lokal efektif dan signifikan terhadap kemandirian anak di kelompok B TK Negeri 27 Dodu Kota Bima. Nilai Signifikansi sebesar 0,000 dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 7,2. (2) Metode pretend playberbasis kearifan lokal efektif dan signifikan terhadap keterampilan sosial anak dengan nilai signifikansi 0,000 dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 4,8. (3) Metode pretend playberbasis kearifan lokal efektif dan signifikan terhadap keterampilan berbicara anak dengan nilai signifikansi 0,000 dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 6,4. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode pretend play berbasis kearifan lokal efektif dan signifikan terhadap kemandirian, keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak di kelompok B TK Negeri 27 Kota Bima.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pretend play, kearifan lokal, kemandirian, sosial, berbicara.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Sep 2018 07:59
Last Modified: 09 May 2019 09:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60162

Actions (login required)

View Item View Item