PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL HUDA, REJOWINANGUN, KOTAGEDE, YOGYAKARTA

Itsnaini, Asfiyaturrofiah (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL HUDA, REJOWINANGUN, KOTAGEDE, YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Itsnaini Asfiyaturrofiah_14111244001_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A RA Al Huda Rejowinangun Kotagede Yogyakarta, melalui media flash card. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam pengenalan huruf hijaiyah di kelompok A. Desain penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis & Mc Taggart yang dilakukan secara kolaboratif. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester II mulai dari tanggal 21 Februari sampai dengan 6 Maret tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 9 anak terdiri dari 2 anak putri dan 7 anak putra. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil skor yang diperoleh pada pra tindakan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak sebesar 3,6 dan pada siklus I skor kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak meningkat menjadi 5,53. Pada siklus II skor kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak meningkat menjadi 7,6. Peningkatan yang terjadi pada setiap pertemuan disebabkan karena penggunaan media flash card dalam kegiatan mengenal huruf hijaiyah. Penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah, hal ini dapat dilihat dari rata-rata kemampuan anak membedakan huruf hijaiyah dan melafalkan huruf hijaiyah mengalami peningkatan dari kriteria belum berkembang (BB) menjadi kriteria berkembang sangat baik (BSB). Prosedur penggunaaan flash card meliputi: 1) guru mempersiapkan diri, media, tempat, dan anak 2) guru mengenalkan dan mengajarkan bagaimana pengucapan huruf hijaiyah dengan menunjukkan media flash card, anak mengikuti pengucapan setelah guru 4) guru meminta anak mengamati dan menunjukkan huruf hijaiyah yang disebutkan oleh guru. Kata Kunci: kemampuan mengenal huruf hijaiyah, media flash card, kelompok A

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 25 Sep 2018 07:14
Last Modified: 30 Jan 2019 17:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60133

Actions (login required)

View Item View Item