PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BONEKA JARI BUAH (BORAH) UNTUK MEMOTIVASI BICARA PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK KANISIUS KLEPU MINGGIR SLEMAN

Ratna, Anindita (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF BONEKA JARI BUAH (BORAH) UNTUK MEMOTIVASI BICARA PESERTA DIDIK KELOMPOK B DI TK KANISIUS KLEPU MINGGIR SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Skripsi_Ratna Anindita_14111241013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan alat permainan edukatif boneka jari buah (BORAH) untuk memotivasi bicara peserta didik kelompok B di TK Kanisius Klepu Minggir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan Sugiyono yang diadopsi dari Borg & Gall. Penelitian ini mengambil 9 langkah dari 10 langkah prosedur yang ada, langkah-langkah tersebut adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba produk, dan yang terakhir revisi produk. Subjek coba sebanyak 20 peserta didik kelompok B di TK Kanisius Klepu Minggir tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk validasi ahli media dan ahli materi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. APE BORAH ini layak digunakan untuk memotivasi bicara peserta didik kelompok B di TK Kanisius Klepu Minggir Sleman. Hal ini dibuktikan dengan penilaian dari ahli media pada saat dilakukan validasi media dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4 (sangat baik dan layak), penilaian dari ahli materi pada saat dilakukan validasi materi dengan jumlah rata-rata keseluruhan 4 (sangat baik dan layak), kemudian pada saat uji coba produk memperoleh rata – rata keseluruhan dengan nilai skor 1 (layak dan dapat memotivasi peserta didik), serta uji coba pemakaian yang dilakukan mendapatkan rata – rata keseluruhan dengan nilai skor 1 (layak dan dapat memotivasi peserta didik ). Kata kunci: alat permainan edukatif, APE BORAH, bicara, anak usia TK B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 25 Sep 2018 06:51
Last Modified: 30 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60127

Actions (login required)

View Item View Item