Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Perlindungan Diri pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Sanden

Oktavianingsih, Eka (2018) Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Perlindungan Diri pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Sanden. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-oktavianingsih-16717251020.swf

Download (13MB)

Abstract

Sebagian besar guru Taman Kanak-kanak di Kecamatan Sanden memiliki pengetahuan terbatas tentang pembelajaran perlindungan diri untuk anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku panduan yang digunakan guru dalam pembelajaran perlindungan diri pada anak usia 5-6 tahun yang layak menurut ahli dan pengguna serta untuk mengetahui efektivitas buku panduan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan mengadopsi model yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini melibatkan subyek sebanyak 40 guru TK kelompok B. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini mencakup pedoman wawancara, lembar angket, dan lembar tes yang sudah divalidasi berdasarkan validasi isi melalui expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pengembangan buku panduan pembelajaran perlindungan diri dilakukan melalui beberapa tahap, antara lain: (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk I, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk II, (8) uji coba lapangan operasional, (9) penyempurnaan produk akhir, dan (10) produk akhir berupa buku panduan yang sudah disempurnakan. Hasil penelitian ini adalah sebuah buku panduan pembeajaran diri pada anak usia 5-6 tahun. Adapun buku panduan yang dihasilkan layak digunakan guru dalam pembelajaran perlindungan diri untuk anak usia 5-6 tahun berdasarkan pada validasi dari ahli materi (layak dengan persentase 91,07%) dan ahli media (layak dengan persentase 96,60%), uji coba terbatas (layak dengan persentase 80,555%), uji coba lapangan utama (layak dengan persentase 82,4%), dan uji coba operasional (efektif dengan nilai thitung sebesar 11,66477 dan nilai p<0,05).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: buku panduan, pembelajaran, perlindungan diri, guru Taman Kanak-kanak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:59
Last Modified: 09 May 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60120

Actions (login required)

View Item View Item