Project-Based Learning IPA Terintegrasi Potensi Alam Baruppu’ untuk Membangun Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Lingkungan

Carlina, Ellin (2018) Project-Based Learning IPA Terintegrasi Potensi Alam Baruppu’ untuk Membangun Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Lingkungan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ellin-carlina-16708251015.swf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat project-based learning IPA terintegrasi potensi alam Baruppu’ yang valid berdasarkan penilaian ahli, (2) mengetahui keefektifan perangkat project-based learning IPA terintegrasi potensi alam Baruppu’ dalam membangun keterampilan pemecahan masalah dan literasi lingkungan peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi 5 tahap pengembangan model ADDIE: Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Non-equivalent control groups design digunakan pada uji coba utama dengan jumlah siswa 50 orang, terdiri atas 26 siswa pada kelas eksperimen dan 24 siswa pada kelas kontrol. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Baruppu’. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian kelayakan perangkat pembelajaran, lembar penilaian keterampilan pemecahan masalah, soal essai keterampilan kognitif dan angket sikap terhadap lingkungan. Data hasil validasi dianalisis secara deskriptif dan keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian ini berupa produk perangkat project-based learning IPA terintegrasi potensi alam Baruppu’ yang layak dengan kategori “sangat baik” ditinjau dari validitas, kepraktisan dan keefektifan dalam membangun keterampilan pemecahan masalah dan literasi lingkungan dalam komponen keterampilan kognitif dan sikap terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan pemecahan masalah, literasi lingkungan, potensi alam, project-based learning
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2018 03:41
Last Modified: 09 May 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60119

Actions (login required)

View Item View Item