Mahariyanti, Ermila (2018) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Quipper School pada Materi Sistem Ekskresi untuk Mengefektifkan Manajemen Pembelajaran dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMA. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-ermila mahariyanti-16725251019.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan bahan ajar biologi berbasis Quipper School pada materi sistem ekskresi yang digunakan dalam proses pembelajaran di SMA, (2) keefektifan bahan ajar biologi berbasis Quipper School terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi dan, (3) keefektifan penggunaan Quipper school pada pembelajaran biologi materi sistem ekskresi terhadap manajemen pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Design and Development Research (DDR) yang terdiri dari lima tahapan yaitu identifying the problem, describing the objectives, designing and developing product, testing and evaluating product, dan communicating the testing result. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen ahli, guru biologi, teman sejawat, dan peserta didik. Subjek uji coba terdiri dari 159 peserta didik kelas XI MIPA di SMAN 2 Selong dan SMAN 3 Selong dengan perincian: uji coba skala kecil dilakukan di SMAN 3 Selong kelas XI MIPA 4 yang terdiri dari 30 peserta didik, uji skala luas dilakukan di SMAN 2 Selong dan SMAN 3 Selong dengan 129 peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes kognitif dan angket manajemen pembelajaran. Data hasil belajar kognitif yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik parametrik yaitu Independent Sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 dan angket manajemen pembelajaran dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar berbasis Quipper School materi sistem ekskresi layak digunakan untuk pembelajaran biologi di SMA dengan rata-rata persentase kelayakan 79,18% dengan kriteria layak (2) Bahan ajar berbasis Quipper School pada materi sistem ekskresi dapat mengefektifkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan hasil 0,000 < 0,05 (sig.<0,05) (3) Bahan ajar berbasis Quipper School pada materi sistem ekskresi dapat mengefektifkan manajemen pembelajaran dengan rata-rata persentase 82,1 % dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quipper School, sistem ekskresi, hasil belajar kognitif, manajemen pembelajaran |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Sep 2018 03:32 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 04:25 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |