Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Blended Learning Berbantuan Smartphone bagi Siswa SMP

Rifa'i, Anwar (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Blended Learning Berbantuan Smartphone bagi Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anwar-rifa'i-16709251061.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan blended learning berbantuan smartphone bagi siswa SMP. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kegiatan Siswa (LKS), dan E-learning website berbasis smartphone. Kualitas hasil pengembangan produk didasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang memakai model pengembangan Analyis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di SMP 5 Yogyakarta pada kelas VIIC dengan subjek sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk menentukan kevalidan perangkat yang dikembangkan adalah lembar validasi. Instrumen untuk mengukur kepraktisan adalah lembar penilaian siswa, lembar penilaian guru, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen untuk mengukur keefektifan perangkat pembelajaran adalah soal tes kemampuan pemecahan masalah dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis dilakukan dengan cara melakukan konversi data kuantitatif yang berupa skor menjadi data kualitatif berupa nilai standar dengan lima skala. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan blended learning berbantuan smarpthone bagi siswa SMP kelas VII. Hasil penilaian kevalidan oleh para ahli menunjukkan bahwa perangkat valid dengan kategori baik untuk RPP dan LKS dan sangat baik untuk e-learning website, tes kemampuan pemecahan masalah, dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil kepraktisan berdasarkan penilaian guru mencapai kategori sangat baik, sedangkan berdasarkan penilaian siswa memiliki presentase minimal baik sebesar 93,75%, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran juga menunjukkan bahwa rata-rata keterlaksanaan pembelajaran mencapai 98,81% untuk kegiatan guru dan sebesar 91,57% untuk kegiatan siswa. Keefektifan perangkat pembelajaran terlihat dari tercapainya minimal 75% siswa yang mendapatkan skor minimal baik yaitu 81,25% untuk tes kemampuan pemecahan masalah dan 90,63% untuk angket kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu, perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi aspek kualitas kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, pemecahan masalah, pendekatan blended learning, perangkat pembelajaran matematika, smartphone
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Sep 2018 02:52
Last Modified: 09 May 2019 09:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60107

Actions (login required)

View Item View Item