PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN BUSANA RUMAH SECARA INDUSTRI UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 6 YOGYAKARTA

Astuti, Nurul Dwi (2018) PENGEMBANGAN MODUL PEMBUATAN BUSANA RUMAH SECARA INDUSTRI UNTUK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA SMK N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah skripsi Nurul Dwi Astuti.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan modul pembuatan busana rumah secara industri ditinjau dari proses research and development; 2) mengetahui kelayakan modul pembuatan busana rumah secara industri. Penelitian ini merupakan penelitian research and development (R&D). Obyek penelitian ini adalah modul pembuatan busana rumah secara industri. Metode pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket. Adapun instrument terlebih dahulu di validasi oleh ahli. Uji validasi modul dilakukan oleh dua ahli media pembelajaran dan dua ahli materi pembelajaran. Reliabilitas diukur dengan Alpha Cronbach, uji pemakaian dilakukan oleh 30 peserta didik. Teknik analisis data hasil uji coba menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan kelayakan modul pembuatan busana rumah secara industri sudah sesuai dengan rancangan sebagai media pembelajaran pembuatan busana rumah secara industri. Hasil validasi isi oleh dua ahli materi dilihat dari aspek kualitas materi, bahasa dan penyajian secara keseluruhan memperoleh validitas sebesar 100%, dengan kategori sangat layak. Validasi oleh dua orang ahli ditinjau dari aspek kualitas grafika secara keseluruhan memperoleh validitas sebesar 100% dengan kategori sangat layak. Sedangkan uji pemakaian oleh peserta didik ditinjau dari aspek kualitas penyajian, bahasa, grafika dan manfaat secara keseluruhan mendapatkan persentase sebesar 84,6% dengan kategori sangat layak. berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan, modul pembuatan busana rumah secara industri layak dan sesuai digunakan sebagai bahan ajar untuk peserta didik di kelas XI SMK N 6 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: development, module, making home apparels industrially
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:24
Last Modified: 30 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60085

Actions (login required)

View Item View Item