PENGEMBANGAN MODUL MACAM-MACAM BELAHAN MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Hastuti, Sekarlati Dwi (2018) PENGEMBANGAN MODUL MACAM-MACAM BELAHAN MATA PELAJARAN DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Sekarlati Dwi Hastuti_11513241023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan modul macam-macam belahan mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Negeri 4 Yogyakarta, 2) Mengetahui kelayakan modul macam-macam belahan mata pelajaran Dasar Teknologi Menjahit di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan oleh Tim Puslitjaknov menjadi 5 tahapan, yaitu 1) analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan, 2) mengembangkan produk awal, 3) validasi dan revisi, 4) uji coba kelompok kecil, 5) uji coba kelompok besar dan produk akhir. Validasi modul dilakukan oleh ahli materi dan ahli media yang terdiri dari 1 dosen dan 1 guru mata pelajaran. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 10 siswa dan uji coba kelompok besar dilakukan oleh 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan angket. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Penelitian ini menggunakan reliabilitas internal dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian ini berupa: 1) mengembangkan modul macam-macam belahan dilakukan dengan a) analisis kebutuhan produk, dilakukan dengan menganalisis kurikulum, dan silabus, sehingga dapat diketahui kompetensi dasar yang memerlukan sebuah pengembangan modul, yaitu macam-macam belahan. b) mengembangan modul dilakukan sesuai rancangan pembuatan modul meliputi judul, pendahuluan, pembelajaran, evaluasi, dan penutup, c) validasi ahli dan revisi, dengan meminta bantuan para ahli untuk menilai modul, dan melakukan revisi sesuai saran, d) uji lapangan skala kecil, dengan mengujikan kepada 10 siswa, e) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir, modul diujikan pada 32 siswa Busana Butik, dan menghasilkan produk berupa modul macam-macam belahan. 2) kelayakan modul dilakukan dengan uji skala besar, diperoleh rata-rata skor 111.38, dan termasuk dalam kategori hasil sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa modul macam-macam belahan sudah memenuhi aspek fungsi dan manfaat modul, elemen mutu modul, karakteristik modul, materi macam-macam belahan, dan aspek kualitas materi, sehingga modul dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada kompetensi dasar macam-macam belahan pada mata pelajaran dasar teknologi menjahit di SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul, Macam-Macam Belahan
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60079

Actions (login required)

View Item View Item