PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KOMPETENSI PEMBUATAN MACAM-MACAM KAMPUH SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA

Ambarwati, Aprilia Tri (2018) PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KOMPETENSI PEMBUATAN MACAM-MACAM KAMPUH SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS Aprilia Tri A 13513241005.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan penerapan metode pemberian tugas pada kompetensi pembuatan macam-macam kampuh siswa kelas X SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta (2) Mengetahui kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan penerapan metode pemberian tugas siswa kelas X SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X tata busana sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Konstruk dengan menghitung korelasi antara skor butir instrumen dengan skor total menggunakan Product Moment dengan hasil menyatakan layak untuk digunakan dalam penelitian. Sedangkan validitas isi dengan meminta pertimbangan kepada 3 ahli (judgement expert) yang menyatakan bahwa instrumen layak untuk digunakan dalam penelitian. Reliabilitas instrumen lembar tes dan lembar observasi sikap menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,81 dan 0,92 dengan interpretasi sangan tinggi dan penilaian unjuk kerja menggunakan inter-rater of agreement dengan hasil menyatakan reliabel. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan langkah kegiatan pendahuluan: penyampaikan materi sebelum pemberian tugas, kegiatan inti: meliputi kegiatan mengamati yang mencangkup pemberian motivasi pada siswa, kegiatan menanya, kegiatan mencoba mencangkup pemberian tugas pada siswa dan pelaksanaan tugas oleh siswa, kegiatan mengasosiasikan, kegiatan mengkomunikasikan mencangkup pembuatan catatan setelah penyelesaian tugas, kegiatan penutup: meliputi tanya jawab antara guru dan siswa tentang tugas yang telah dikerjakan oleh siswa, penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. Kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan penerapan metode pemberian tugas dalam kategori sangat tinggi, dengan mean sebesar 84. Hal ini menunjuukan semua siswa (24) dapat dinyatakan kompeten dalam pembelajaran kompetensi pembuatan macam-macam kampuh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode pemberian tugas, macam-macam kampuh, SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Boga dan Busana > Pendidikan Teknik Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:21
Last Modified: 30 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60073

Actions (login required)

View Item View Item