PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI GEOMETRIS PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 1 NGAWEN

Latif, Isna (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONSTRUKSI GEOMETRIS PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK BERBASIS ANDROID DI SMK NEGERI 1 NGAWEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Naskah Full.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan tanggapan pengguna terhadap media pembelajaran konstruksi geometris pada mata pelajaran gambar teknik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) model Sugiyono. Terdapat sepuluh langkah pada penelitian ini yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data atau informasi, 3) desain produk, 4) validasi, 5) revisi, 6) uji coba, 7) revisi, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi, dan 10) produksi masal. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket sedangkan teknik analisis data menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi ahli media menunjukkan skor 79 dan masuk pada kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi menunjukkan skor 73 dan masuk pada kategori sangat layak. Hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba produk menunjukkan rata-rata skor 65,9 dan masuk kategori sangat layak. Hasil tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran pada uji coba pemakaian didapatkan hasil rata-rata skor yaitu 70,5 dan masuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media, gambar teknik, penelitian
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60065

Actions (login required)

View Item View Item