PELIBATAN ORANGTUA DALAM PROGRAM SEKOLAH DI TK BUDI MULIA DUA SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA

Resti Mia, Wijayanti (2018) PELIBATAN ORANGTUA DALAM PROGRAM SEKOLAH DI TK BUDI MULIA DUA SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Resti Mia Wijayanti_14111244016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelibatan orangtua dalam program sekolah di TK Budi Mulia Dua Sedayu. Pelibatan orangtua merupakan partisipasi orangtua dalam pendidikan anak, baik di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di TK Budi Mulia Dua Sedayu dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen utama penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelibatan orangtua dalam program sekolah di TK Budi Mulia Dua Sedayu diantaranya yakni: pelibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah, volunteer, kolaborasi dengan kelompok masyarakat, dan parenting. Peran orangtua yang terdapat dalam setiap programnya antara lain sebagai pendukung, guru, dan siswa. TK Budi Mulia Dua Sedayu memiliki kekhasan dalam mengupayakan pelibatan orangtua dalam program sekolah. Salah satunya melalui program Thansibul Qur’an dan Kunjungan ke rumah teman yang tidak semua TK memiliki program tersebut. Hasil penelitian juga menunjukkan sikap guru yang proaktif dalam memberikan informasi kepada orangtua tentang perkembangan anak yakni dengan konsultasi yang bersifat fleksibel, artinya konsultasi bisa dilakukan pada pulang sekolah secara langsung atau melalui personal message. Komunikasi orangtua dan guru juga dilakukan melalui media sosial, yakni group chat, facebook, dan instagram. TK Budi Mulia Dua Sedayu mampu menciptakan lingkungan psikologis yang nyaman sehingga menimbulkan rasa “take and give” yang berasal dari orangtua kepada sekolah. Kata kunci: pelibatan orangtua, program sekolah, anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:21
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60062

Actions (login required)

View Item View Item