MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DENGAN BULLETIN BOARD DI KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 04 YOGYAKARTA

Yuni Ari, Nastiti (2018) MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DENGAN BULLETIN BOARD DI KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 04 YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
SKRIPSI_YUNI ARI NASTITI_14111244021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode kerja kelompok dengan bulletin board di Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta. Kecerdasan interpersonal dalam penelitian ini mencakup kepekaan sosial, pemahaman sosial, dan penguasaan komunikasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif. Model penelitian yang digunakan mengacu pada model dari Kemmis dan Mc. Taggart dan dilakukan sebanyak dua Siklus. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta berjumlah 11 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dari jumlah anak berada di kriteria baik sekali. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan interpersonal anak dapat ditingkatkan melalui metode kerja kelompok dengan bulletin board dengan cara pembagian dalam kelompok kecil heterogen (4 sampai 8 anak) untuk mengerjakan karya sebagai bahan bulletin board secara bersama-sama. Pemberian reward diberikan pada kelompok yang pengerjaan karyanya lebih rapi agar dapat memotivasi kelompok yang lain. Peningkatan kecerdasan interpersonal anak dapat dilihat dari kondisi awal kriteria baik sekali sebanyak 0% atau sebanyak 0 anak, pada pasca Siklus I meningkat menjadi 36,36% atau sebanyak 4 anak, dan pada pasca Siklus II meningkat lagi menjadi 90,9% atau sebanyak 10 anak. Kata kunci: kecerdasan interpersonal, metode kerja kelompok, bulletin board

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Sep 2018 04:16
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60061

Actions (login required)

View Item View Item