PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL KELAS 1 JURUSAN ELEKTRO/ELEKTRONIKA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK N 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL

Nugroho, Sigit Cahyo (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATA DIKLAT DASAR ELEKTRONIKA ANALOG DAN DIGITAL KELAS 1 JURUSAN ELEKTRO/ELEKTRONIKA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK N 2 WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
sigit_cahyo.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar didalam kelas yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Diklat Dasar Elektronika Analog dan Digital dengan menerapkan metode yang mengacu pada strategi pembelajaran kooperatif jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 2 Wonosari kelas 1 Program Keahlian Elektronika Industri yang berjumlah 36 siswa, penelitian termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga (3) siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan (verifikasi) hasil observasi pada siklus 1, siklus 2 dan siklus 3 . Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan atau catatan harian untuk mencatat perubahan aktivitas siswa, lembar penilaian guna memantau perubahan hasil belajar siswa. Peneliti menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan berbagai modifikasi. Peneliti mencatat perkembangan aktivitas siswa dalam catatan harian kelas, dibantu dengan catatan aktivitas siswa. Adapun aktivitas siswa yang menjadi acuan penelitian adalah kemampuan mengajukan pertanyaan, kemampuan untuk menjawab pertanyaan serta kemauan untuk mengeluarkan pendapat. Aktivitas siswa lain yang di pantau yaitu kecakapan siswa dalam berpresentasi. Adapun dari segi pemantauan Hasil Belajar Siswa dipantau dengan pemberian ulangan harian di setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif, aktivitas dan hasil belajar siswa dapat meningkat, di tinjau dari tahap siklus 1 sampai siklus 3, peningkatan tersebut adalah sebagai berikut : aktivitas siswa : 1) Jumlah siswa yang bertanya dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 3%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 14%, 2) Jumlah siswa yang mampu menjawab dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 5,5%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 11%, 3) Jumlah siswa yang mengeluarkan pendapat dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 5,5%, dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 3% 4) Nilai kecakapan siswa dalam berpresentasi dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 9%, dari siklus 2 ke siklus 3 ma\eningkat 8%. Sedangkan Hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 3,5%, siklus 2 ke siklus 3 meningkat 3,9% dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat 14% dan dari siklus 2 ke siklus 3 meningkat 61%. Kata kunci : pembelajaran, kooperatif, aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 19 Sep 2012 11:40
Last Modified: 29 Jan 2019 16:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6006

Actions (login required)

View Item View Item