KOMPETENSI SISWA DALAM MENERAPKAN SULAMAN APLIKASI PADA BLUS ANAK DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA

Istiqomah, Nurul (2018) KOMPETENSI SISWA DALAM MENERAPKAN SULAMAN APLIKASI PADA BLUS ANAK DI SMK NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Nurul Istiqomah (14513244008).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi siswa kelas XII dalam menerapkan teknik sulaman aplikasi pada blus anak di SMK Negeri 4 Yogyakarta dilihat dari: 1) Kemampuan kognitif siswa kelas XII pada materi tentang sulaman aplikasi pada blus anak. 2) Kemampuan afektif siswa berdasarkan observasi terhadap sikap siswa kelas XII dalam menerapkan sulaman aplikasi pada blus anak. 3) Kemampuan psikomotor siswa kelas XII dalam menerapkan sulaman aplikasi pada blus anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII Tata Busana di SMK Negeri 4 Yogyakarta dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif dengan soal pilihan ganda, afektif dengan observasi terhadap sikap siswa dan psikomotor dengan tes unjuk kerja siswa. Pembuktian validitas instrument tes menggunakan validitas logis yang ditelaah ahli dan pembuktian reliabilitas menggunakan rumus KR20. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Kompetensi siswa kelas XII dalam menerapkan teknik sulaman aplikasi pada blus anak di SMK Negeri 4 Yogyakarta mendapatkan hasil yang sangat kompeten, dengan menunjukkan siswa yang mendapatkan hasil diatas KKM sebanyak 21 siswa dengan presentase 87,5% dan yang belum tuntas KKM sebanyak 3 siswa dengan presentase 12,5%. Rata-rata nilai kelas adalah 85,4, hasil dilihat dari tiga kemampuan siswa sebagai berikut: 1) Kemampuan kognitif siswa pada materi sulaman aplikasi yang diterapkan pada blus anak mendapatkan hasil yang sangat kompeten. Hal ini dipengaruhi saat proses pembelajaran, ketika guru menjelaskan materi tentang sulaman aplikasi diterima oleh siswa dengan baik. 2) Kemampuan afektif siswa dalam mengerjakan sulaman aplikasi pada blus anak mendapatkan hasil yang cukup kompeten, dilihat dari: konsentrasi siswa yang baik, kedisiplinan, kemandirian dan kesabaran siswa yang baik dalam pelaksanaan menerapkan sulaman aplikasi pada busana anak. Namun dalam aspek partisipasif siswa yang belum muncul dikarenakan dua hal yaitu, sudah paham betul apa yang disampaikan guru dan biasa jadi karena malu untuk menyampaikan sesuatu. 3) Kemampuan psikomotor yang diperoleh melalui tes unjuk kerja pada siswa dalam menerapkan teknik sulaman aplikasi pada blus anak mendapatkan hasil yang cukup kompeten. Dilihat dari pemilihan pemilihan alat dan bahan, desain motif yang edukatif sesuai karakter anak, lokasi hiasan, warna serta teknik yang digunakan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Siswa, Sulaman Aplikasi, SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:20
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60059

Actions (login required)

View Item View Item