PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SERTA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ 2 SMK NEGERI 1 JOGONALAN

Puspita Sari, Ni Putu Nuratni (2018) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SERTA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ 2 SMK NEGERI 1 JOGONALAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - TTW - NI PUTU NPS.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi serta hasil belajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar peserta didik kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Jogonalan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ 2 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan keaktifan, lembar pengamatan kemampuan komunikasi, tes hasil belajar, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Metode analisis data yaitu menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan komunikasi serta hasil belajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar peserta didik kelas X TKJ 2 SMK Negeri 1 Jogonalan. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata keaktifan siklus I sebesar 64,68% yang mengalami peningkatan menjadi 76,99% pada siklus II. Persentase rata-rata kemampuan komunikasi siklus I sebesar 73,61% meningkat pada siklus II menjadi 81,02%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar yang mengalami peningkatan dari pra tindakan hingga siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar aspek pengetahuan pada pra tindakan sebesar 36,11% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 41,67% dan 52,78% pada siklus II. Persentase ketuntasan hasil belajar aspek keterampilan pada pra tindakan sebesar 47,22% mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 94,44% dan 97,22% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Think talk write, keaktifan, kemampuan komunikasi, hasil belajar
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:19
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60058

Actions (login required)

View Item View Item