Lestari, Lestari (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MELIPAT PADA ANAK KELOMPOK B TK ABA LEDOK 2. S1 thesis, PAUD.
Text
Lestari_14111244023.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan melipat pada anak kelompok B TK ABA Ledok 2. Kegiatan melipat pada penelitian ini menggunakan media janur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 13 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini terlaksana dalam dua siklus. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Peningkatan keterampilan motorik halus dikatakan berhasil apabila persentase mencapai ≥75% dari jumlah anak kelompok B berada pada kriteria baik. Keterampilan motorik halus mengalami peningkatan setelah anak melakukan pemanasan di awal kegiatan, membuat lipatan yang lebih variatif, serta melakukan kegiatan melipat dengan cara terus berlatih secara berulang-ulang. Kondisi awal/kegiatan Pra Tindakan menunjukkan keterampilan motorik halus melipat sebesar 53,84%. Pada Siklus I keterampilan motorik halus menjadi 64,10%. Pada Siklus II keterampilan motorik halus mencapai 79,48%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada anak kelompok B TK ABA Ledok 2 melalui kegiatan melipat telah berhasil. Kata kunci: motorik halus dan melipat
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 24 Sep 2018 04:06 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 17:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60057 |
Actions (login required)
View Item |