Pengembangan Trainer sebagai Alat Praktikum Pengujian Rangkaian Pembangkit PWM, Buck Converter, Boost Converter dan Buck-Boost Converter pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul

Rinawan, Sunu Wakhid (2018) Pengembangan Trainer sebagai Alat Praktikum Pengujian Rangkaian Pembangkit PWM, Buck Converter, Boost Converter dan Buck-Boost Converter pada Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di Kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
TAS_11502241021.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Melakukan pengembangan trainer sebagai alat praktikum pengujian rangkaian pembangkit PWM, buck converter, boost converter dan buck-boost converter di kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul; (2) Mengetahui kelayakan trainer sebagai alat praktikum pengujian rangkaian pembangkit PWM, buck converter, boost converter dan buck-boost converter di kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research & development) model Kemp & Dayton yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu preliminary planning, the kinds of media, designing media, producing media, dan using and evaluating media. Produk penelitian berupa alat praktikum yang divalidasi terlebih dahulu oleh dua ahli media serta dua ahli materi sebelum diujicobakan pada 35 siswa kelas XI TAV A dan XI TAV B SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Data penelitian diambil dengan menggunakan instrumen berupa angket yang telah divalidasi terlebih dahulu oleh dua ahli instrumen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ahli memberikan penilaian terhadap produk rata-rata sebesar 3,3 dari nilai tertinggi 4 dengan rincian pada aspek isi materi 3,4, aspek kebermanfaatan 3,125, aspek desain 3,31 dan aspek unjuk kerja 3,357; (2) Siswa memberikan penilaian terhadap produk rata-rata sebesar 3,385 dari nilai tertinggi 4 dengan rincian pada aspek isi materi 3,41, aspek desain 3,286, aspek unjuk kerja 3,45, aspek keadaan lingkungan 3,41 dan aspek kebermanfaatan 3,364. Berdasarkan data yang diperoleh, maka diketahui bahwa produk yang dikembangkan masuk dalam kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, alat praktikum, kelayakan alat, model pengembangan Kemp & Dayton, penerapan rangkaian elektronika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:18
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60056

Actions (login required)

View Item View Item