PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK KONTROL KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Dermawan, Enggar Dwi (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK KONTROL KOMPUTER DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_14504241039_Enggar Dwi Dermawan.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif Sistem Pengapian Elektronik Kontrol Komputer di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif Sistem Pengapian Elektronik Kontrol Komputer untuk mahasiswa Jurusan Pendidikan Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, and dissemination). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2015 kelas A yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data awal dilakukan secara deskriptif, sedangkan analisis data kelayakan dilakukan dengan melakukan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah: (1) Dihasilkannya produk media pembelajaran interaktif Sistem Pengapian Elektronik Kontrol Komputer yang memiliki enam menu utama, yaitu: menu halaman utama, menu petunjuk, menu kompetensi, menu materi, menu evaluasi, dan profil, berbasis Adobe Flash Professional CC 2015 dengan format “exe” dan kapasitas 189 MB. (2) Kelayakan media ditentukan dari hasil validasi oleh ahli dengan hasil ahli materi 95,75% dan ahli media 100% yang termasuk dalam kategori sangat layak, dilanjutkan hasil respon pengguna melalui ujicoba lapangan dengan hasil 84,4% yang termasuk dalam kategori sangat layak, sehingga media pembelajaran interaktif Sistem Pengapian Elektronik Kontrol Komputer dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sistem Pengapian Elektronik Kontrol Komputer
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:14
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60053

Actions (login required)

View Item View Item