Pengembangan Modul IPA Berbantuan Jurnal Belajar Reflektif untuk Meningkatkan Environmental Literacy dan Reporting-Interpretative Skills Peserta Didik SMP

Zulfah, Hadaina (2018) Pengembangan Modul IPA Berbantuan Jurnal Belajar Reflektif untuk Meningkatkan Environmental Literacy dan Reporting-Interpretative Skills Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hadaina-zulfah-1608251020.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPA berbantuan jurnal belajar reflektif yang valid dan efektif untuk meningkatkan environmental literacy dan reporting-interpretative skills peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Lasem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model 4D yang meliputi langkah define, design, develop, dan disseminate. Pengumpulan data dilakukan dengan (1) teknik non tes, menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi produk, lembar respon peserta didik terhadap keterbacaan modul IPA, lembar observasi environmental literacy domain psikomotor, angket environmental literacy domain afektif, dan (2) teknik tes, menggunakan lembar soal pilihan ganda environmental literacy domain kognitif dan lembar soal uraian reporting-interpretative skills. Kevalidan modul dianalisis secara kuantitatif berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi, sedangkan keefektifan modul dalam meningkatkan environmental literacy dan reporting-interpretative skills dianalisis berdasarkan uji manova dari rata-rata skor gain ternormalisasi saat uji coba lapangan. Design uji coba lapangan ini adalah pretest-postest control group design. Butir instrumen yang digunakan untuk pengukuran environmental literacy dan reporting-interpretative skills juga dianalisis dengan validasi Aiken. Kelayakan dan reliabilitas butir soal environmental literacy domain kognitif dianalisis dengan Quest, sedangkan kelayakan butir soal reporting-interpretative skills dianalisis Anbuso dan reliabilitasnya dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kevalidan modul IPA berbantuan jurnal belajar reflektif yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dan (2) penerapan modul IPA berbantuan jurnal belajar reflektif dapat meningkatkan environmental literacy dan reporting-interpretative skills peserta didik SMP Negeri 1 Lasem.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul IPA, jurnal belajar reflektif, environmental litercy, reporting-interpretative skills
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Sep 2018 06:16
Last Modified: 09 May 2019 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60051

Actions (login required)

View Item View Item