IMPLEMENTASI PROGRAM ENGLISH LANGUAGE ENVIRONMENT DI TAMAN KANAK-KANAK PKBM LIFEWAY SLEMAN

Janti Retno, Ardani (2018) IMPLEMENTASI PROGRAM ENGLISH LANGUAGE ENVIRONMENT DI TAMAN KANAK-KANAK PKBM LIFEWAY SLEMAN. S1 thesis, PAUD.

[img] Text
Janti Retno Ardani_14111241015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program English language environment di TK PKBM Lifeway Sleman. TK PKBM Lifeway Sleman dipilih karena di sekolah ini Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pembelajaran dan bahasa untuk berkomunikasi saat berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan di TK PKBM Lifeway Sleman dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, staff administrasi, guru dan murid TK. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan program ini telah dilakukan dengan merancang dan mempersiapkan kurikulum, peserta didik, tenaga pendidikan dan fasilitas pendidikan. 2) Pengorganisasian program bukan hanya menyusun organisasi, namun juga mengatur pelaksanaan kurikulum ACE, mengatur peserta didik,pendataan tenaga pendidikan hingga pelaksanaan upaya-upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris untuk staff dan pengadaan fasilitas pendidikan 3) Melalui program ini tujuan pendidikan sudah tercapai dan melebihi harapan. Evaluasinya yaitu penggunaan bahasa Inggris sebagai bahasa berkomunikasi belum maksimal, WIFI yang terkadang susah terhubung di kelas TK A dan masih minimnya buku yang tepat di perpustakaan kelas TK B. 4) Faktor pendukung program ini adalah kurikulum Internasional, materi phonetic, fasilitas pendidikan lengkap dan upaya kepala sekolah meningktakan kemampuan bahasa Inggris para staff. Faktor penghambatnya adalah kepala sekolah mengalami keterbatasan dalam melakukan pengawasan program ini. Kata kunci : English Language Environment, TK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 24 Sep 2018 03:50
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60050

Actions (login required)

View Item View Item