PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SOFT ICE CREAM DAN KACANG DISKO BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN UNTUK SISWA KELAS XI SMKN 1 SALAM, MAGELANG, JAWA TENGAH

Hidayat, Rachmat (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PEMBUATAN SOFT ICE CREAM DAN KACANG DISKO BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN UNTUK SISWA KELAS XI SMKN 1 SALAM, MAGELANG, JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FINAL-RACHMAT HIDAYAT-14511244009-2018.pdf

Download (35MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengembangkan video pembuatan soft ice cream berbasis SCL, 2) mengetahui kelayakan pengembangan video pembuatan soft ice cream berbasis SCL, 3) mengembangkan video pembuatan kacang disko berbasis SCL, 4) mengetahui kelayakan pengembangan video pembuatan kacang disko berbasis SCL, pada mata pelajaran Pengolahan Hasil Pertanian untuk siswa kelas XI SMKN 1 Salam, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, and disseminate) yaitu 1) define untuk menentukan tujuan, 2) design merupakan perencanaan untuk membuat rancangan media, 3) develop adalah pengembangan media, dan dilakukan uji validasi ahli materi, ahli media, dan siswa, 4) disseminate adalah penyebarluasan produk melalui situs YouTube. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menemukan : 1) video pembuatan soft ice cream berbasis SCL berdurasi 8 menit 25 detik, bagian-bagian video antara lain: a) pembukaan, berisi materi susu, jenis ice cream, teknik pembuatan, teknik pengemasan dan teknik penyimpanan, b) bagian isi mencakup: persiapan alat dan bahan, proses pembuatan, proses penyajian, dan proses penghitungan rendemen, c) penutup, berisi evaluasi dan kesimpulan dari video. Video yang telah diuji kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kemudian disebarluaskan melalui situs YouTube pada shorten URL bit.ly/rachmat1, 2) hasil nilai kelayakan video pembuatan soft ice cream secara keseluruhan oleh ahli materi 100%, oleh ahli media 100% dan oleh siswa 83,33% sehingga termasuk kategori sangat layak. 3) Video pembuatan kacang disko berbasis SCL berdurasi 9 menit 29 detik, bagian-bagian video antara lain: a) pembukaan, berisi materi kacang, olahan kacang, ciri khas kacang disko dan kemasan kacang disko, b) bagian isi mencakup: persiapan alat dan bahan, proses pembuatan, proses penyajian, dan proses pengujian sensorik, c) penutup, berisi evaluasi dan kesimpulan dari video. Video yang telah diuji kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, dan siswa kemudian disebarluaskan melalui situs YouTube pada shorten URL bit.ly/rachmat2, 4) Penilaian kelayakan media video pembuatan kacang disko secara keseluruhan oleh ahli materi 100%, oleh ahli media 100% dan oleh siswa 80% sehingga termasuk kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: video pembelajaran, soft ice cream, kacang disko, student centered learning
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 27 Sep 2018 01:11
Last Modified: 30 Jan 2019 17:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60042

Actions (login required)

View Item View Item